Home » Laptop , Tips » Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas dengan Mudah

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas dengan Mudah

Kali ini Awantekno akan berbagi tips cara mengatasi laptop cepat panas agar aktivitasmu tidak terganggu karena laptop overheat. Berbeda dengan PC yang dilengkapi semacam kipas yang mampu menjaga suhu secara stabil, maka komputer jinjing atau laptop tidak memiliki pendingin yang mumpuni. Karena desainnya yang relatif kecil, maka laptop akan lebih cepat panas jika digunakan untuk bekerja secara berlebihan. Untuk menyiasati masalah ini, Awantekno akan menjelaskan cara mengatasi laptop cepat panas yang bisa menyebabkan pekerjaan anda berantakan.

Sebelum memberikan rincian cara mengatasi laptop panas, Awantekno akan mengulas apa saja faktor yang mempengaruhi perubahan suhu pada laptop terlebih dahulu. Ada berbagai hal yang menyebabkan laptop menjadi panas. Kawan Awantekno pasti sudah paham kalau penggunaan laptop dalam waktu lama adalah salah satu penyebabnya. Hal ini memang benar sekali. Penggunaan secara terus menerus tanpa dimatikan dalam waktu yang lama, memang akan membuat laptop cepat overheat. Laptop yang overheat pastinya akan mempengaruhi performa mesin dan komponen-komponen lain yang ada. Karena komponen-komponen yang ada pada laptop berbeda dengan yang digunakan di PC, maka daya tahan sebuah laptop pun juga berbeda. Kemampuan laptop biasanya tak lebih dari 3 jam jika digunakan secara terus menerus, apalagi untuk pekerjaan berat seperti bermain game. Agar kerja anda tidak terganggu oleh laptop yang overheat, Awantekno terangkan cara mengatasi laptop cepat panas dengan langkah-langkah mudahnya pada segmen dibawah ini.

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas dengan Mudah

Menggunakan Cooling Pad
Cara mengatasi laptop cepat panas yang pertama adalah dengan cara menggunakan cooling pad. Cooling pad memang menjadi teknologi yang dihadirkan untuk membantu menurunkan suhu pada laptop atau benda sejenisnya. Dengan benda ini, anda bisa mengurangi suhu panas pada laptop sebesar 1 sampai 5 derajat. Bahkan tipe yang lebih canggih akan mempunyai kemampuan yang lebih untuk mengurangi panas. Penggunaan cooling pad memang jamak dilakukan sebagai cara mengatasi laptop cepat panas secara mudah dan efisien. Namun, Awantekno sarankan juga, untuk tidak memakai cooling pad secara berlebih. Hal ini dikarenakan cooling pad punya kemungkinan untuk membawa debu dan kotoran masuk pada perangkat anda. So, saat anda memutuskan meminjam jasa cooling pad untuk menurunkan suhu laptop, pilihlah yang spesifikasinya benar-benar memadai. Jangan sampai anda memilih cooling pad yang malah bisa menyebabkan kerusakan tambahan pada laptop anda.

Membersihkan Kipas atau Heatsink pada Laptop
Cara mengatasi laptop cepat panas berikutnya, adalah dengan membersihkan part atau komponen yang ada pada laptop. Ada beberapa sumber yang membuat laptop cepat panas. Mereka adalah prosessor, hardisk, baterai, VGA, adaptor dan kipas. Untuk poin terakhir, yang biasanya terjadi, adalah kipas yang ada dalam laptop sudah kotor dan tertutup debu yang tebal. Hal tersebut mengakibatkan kipas tidak berputar dengan kencang. Luangkan waktu anda untuk membersihkan kembali kipas pada laptop. Gunakanlah juga pelumas antara 3 minggu hingga 4 minggu sekali. Hal ini bisa anda lakukan sendiri. Bukalah bagian middle cover laptop dengan cara mencungkil secara hati-hati dan angkat cover-nya. Setelah itu bukalah skrup dan angkat penutupnya. Lalu bersihkanlah kipas dengan kain halus. Manfaatkan juga cutton bud untuk menjangkau sudut-sudut yang sempit pada kipas, agar lebih bersih. Cara mengatasi laptop cepat panas yang satu ini bisa anda lakukan sebelum memulai pekerjaan, agar nanti di tengah-tengah kerja anda tidak terganggu oleh laptop yang mulai panas.

Mengganti Thermal Paste CPU
Cara berikutnya, anda bisa mengganti komponen yang mulai menunjukkan gejala kerusakan. Salah satunya adalah Thermal Paste CPU. Thermal Paste CPU adalah komponen dalam laptop yang berfungsi sebagai penghantar suhu panas pada GPU dan prosesor. Bila laptop tiba-tiba blank secara kontinyu saat beban tinggi, misalnya sedang digunakan untuk main game atau multi tasking, kemungkinan besar masalah terletak pada sistem pendinginannya. Seiring dengan lamanya penggunaan, thermal paste bisa mengalami “dried out” atau mengering. Kalau sudah begitu, tentu saja efektivitasnya pun menjadi berkurang sehingga panas terperangkap pada chip. Nah, cara mengatasi laptop cepat panas yang satu ini mengharuskan anda untuk mengganti salah satu komponen yang sangat penting bagi laptop tersebut. Jika laptop anda sudah menunjukkan gejala sering blank dan overheat, maka cara mengatasi laptop cepat panas yang satu ini bisa anda lakukan. Jadi, Awantekno sarankan agar anda secara rutin mengecek kondisi komponen yang ada dalam laptop anda.

Andalkan Settingan Laptop
Cara mengatasi laptop cepat panas yang terakhir bisa dengan cara melakukan ubahan pengaturan atau setting pada laptop itu sendiri. Selain melakukan setting secara fisik dengan membersihkan laptop dan menggunakan perangkat tambahan seperti cooling pad, kawan Awantekno bisa melakukan setting ulang pada sistem laptop untuk membantu menurunkan suhu. Anda bisa melakukan pengaturan LCD dengan pencahayaan yang minim, sehingga tidak akan menguras energi dan membuat laptop menjadi semakin panas. Lihatlah juga pengaturan pada BIOS. Selain mengandalkan pengaturan pada laptop, salah satu cara mengatasi laptop cepat panas yang anda bisa lakukan adalah dengan cara mendownload berbagai software yang dapat digunakan untuk setting power pada laptop. Misalnya saja adalah Speedfan, yang berfungsi untuk mengontrol suhu pada prosessor dan komponen lainnya.

Panduan cara mengatasi laptop cepat panas yang Awantekno hadirkan sangat mudah untuk dilakukan, bukan? Hal-hal sepele seperti suhu laptop memang kadang terlupakan karena tingkat kesibukan penggunanya.


Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas dengan Mudah
Title : Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas dengan Mudah
Link: Awan Tekno
Notes: If you want copy my article, please link to us and press Ctrl + D to bookmark

New Article :

0 komentar: